Wednesday, January 28, 2015

Terserang Flu tanpa Menulari Bayi

Beberapa hari ke belakang saya sempat terkena flu berat (plus asma kambuh) sampai harus ke rumah sakit. Bisa dibilang berat karena saya mengalami demam dan muntah-muntah sampai 3x. Belum lagi ditambah batuk-batuk dan hidung meler. Gak enak banget deh pokoknya! But the worst part is the fact that I couldn't hug and kiss my Zeya. :(

Lalu bagaimana dengan Zeya?

Untungnya sampai saat ini Zeya sehat wal afiat. Tidak ketularan saya sama sekali (dan alhamdulillah selama 4,5 bulan umurnya Zeya belum pernah sakit sekalipun). Teman saya bertanya "kok bisa gak ketularan?" dan saya pun mengingat-ngingat apa yang saya lakukan selama sakit.

Yang pertama adalah JANGAN BERHENTI MENYUSUI. Saya pernah baca bahwa pada saat si ibu sakit dia akan berbagi antibodi dengan bayinya sehingga si bayi malah jadi lebih kuat nantinya. Jadi, apapun yang terjadi jangan berhenti menyusui. Siasat saya adalah dengan MENGGUNAKAN MASKER kapanpun saya harus dekat dengan Zeya (menyusui, memandikan, dll). Saat selelsai menyusui, minta tolong suami atau kerabat untuk menyendawakannya. Selain itu CUCI TANGAN SESERING MUNGKIN atau KEEP HAND SANITIZER HANDY. Selesai buang ingus dan sebelum memegang Zeya saya selalu menyempatkan cuci tangan atau minimal memakai hand sanitizer. Selanjutnya adalah GANTI BAJU setiap 2 kali sehari. Dengan demikian diharapkan virus atau kuman tidak akan menempel di baju kita dan menulari si bayi. Untungnya saya sudah stok banyak piyama menyusui NNW. Yang terakhir adalah ISTIRAHAT DI RUANGAN TERPISAH. Bagaimanapun saya butuh istirahat, jadi saya titipkan Zeya pada adik atau suami dan saya tidur di ruangan terpisah. Mereka akan membawa Zeya pada saya saat dia perlu menyusu.

Sekarang saya sudah sembuh dengan sukses dan bayi bulat saya pun tidak tertular. Senang rasanya bisa kembali bermain, memeluk, dan mencium Zeya. there's no word can describe how much a mother happy when she hug her baby, right? :)

-Mommy B

No comments:

Post a Comment