Monday, January 26, 2015

Wonder Week di Usia Bayi 4 Bulan

Dalam post sebelumnya, saya bercerita tentang bagaimana Zeya dengan manisnya bisa tidur sendiri. Pola tidur Zeya sudah mulai terbentuk sejak dia berusia 2,5 bulan dan karena rutinitas kecil sebelum tidur itupun, Zeya jadi happy baby banget. Dia jarang menangis dan selalu tersenyum.

Hingga pada suatu minggu di bulan Desember 2014..

Pada waktu itu saya sedang sibuk mengontrol tim NNW dalam acara AIMI Breastfeeding Fair di Grand Indonesia, Jakarta. Seperti biasa, Zeya ikut kemanapun saya pergi. She was always been a sweet girl. Sit nicely in her pram, not asking for extensive cuddle or stuffs, but in those three days she was super clingy! Dia juga jadi agak galak, sukanya teriak-teriak, kalau sedang menyusu gampang sekali teralihkan konsentrasinya sehingga nenennya jadi 'cabut pasang'. Pada malam harinya pun dia mulai bangun setiap 2 jam sekali (lagi).

Saya sangat capek dan penasaran apa yang membuat bayi saya 'keluar' dari sifatnya yang biasa. Saya menghitung umur Zeya dan pada saat itu dia berumur 17 minggu. Saya pun googling mengenai growth spurt di usia ini dan pertanyaan saya pun terjawab.

Ternyata, growth spurt atau percepatan pertumbuhan pada bayi bukan hanya terjadi pada fisiknya saja namun juga pada aspek emosionalnya. Umur 19 minggu adalah masa dimana bayi mengalami masa emotional growth spurt dan dikenal sebagai wonder week. It's more like 'baby-puberty' hihihi.. That's why dia jadi galak banget. Gejala bayi memasuki wonder week dapat muncul as early as 17 week (just like Zeya) dan puncak-puncaknya adalah pada minggu ke 19 itu. Baca lengkapnya mengenai wonder week disini.


Saya merasa bersyukur karena saya mencari tahu tentang perubahan perilaku bayi saya itu segera, sehingga saya tahu apa yang akan saya hadapi dan merasa lebih siap. Saat harus kembali begadang di minggu ke 19 saya tidak ngedumel-dumel lagi. Hehe.. Dan saya juga tidak merubah rutinitas Zeya. Syukurlah, sekarang pola tidur dan sikap manis Zeya sudah kembali seperti sedia kala. She's even sweeter now.. Lebih ramah dan sociable. Yes, I'm a proud mom! ;)

Love,
-Mommy B

No comments:

Post a Comment